Cara Gampang Menyetel Klep Mobil

04.22.00

Bagaimana cara menyetel klep mobil yang gampang? Bagian mobil yang berguna untuk mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran dari mesin adalah klep (valve) atau katup. Saking pentingnya peran dari klep, kerusakan sdidikit saja pada bagian ini akan mengakibatkan kinerja mesin kendaraan menurun drastis alias ngedrop.

Penyetelan katup secara berkala ialah salah satu solusi untuk menjaga performa mobil kesayangan Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselarasan celah yang terdapat pada klep tersebut sehingga efisisensi pencampuran antara bahan bakar dan udara lebih terjamin. Apabila celah klep terlalu sempit, akibatnya terjadi peristiwa salah pengapian atau pengapian balik. Sedangkan jikalau celah katup itu terlalu longgar, bukan tidak mungkin akan timbul suara dan getaran yang berisik.

cara-menyetel-klep-mobil.jpg

Alat yang dibutuhkan :

  • Obeng
  • Kunci Ring
  • Kunci Busi
  • Kunci T 12
  • Feeler Gauge
  • Kain Majun

Langkah-langkah kerja :

  1. Gunakan kunci ring 1/2 mm atau sesuai dengan spesifikasi mobil Anda untuk membuka baut pengunci tutup kepala silinder. Selanjutnya lepaskan bagian seal washer-nya.
  2. Setelah itu, lepaskan selang PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang terletak di kop silinder dari klem yang mengikatnya. Kemudian buka tutup kepala silinder secara perlahan-lahan. Kini terlihat barisan beberapa klep dan rocker arm di dalam silinder tersebut.
  3. Untuk dapat menyetel klep mobil ini, Anda bisa memutar bagian puli kruk-as memakai kunci ring 19 dengan arah putaran searah jarum jam. Putar komponen tersebut hingga posisi top 1 dan 4 berada di TMA (Titik Mati Atas). Posisi top dapat dihitung mulai dari coakan pada puli kruk-as saat coakan ini tepat berada di garis nol.
  4. Supaya Anda bisa lebih mudah dalam menentukan posisi top 1 dan 4, pegang dan putar push rod bersamaan. Jika push rod yang ada di silinder 1 dapat diputar dengan gampang artinya posisinya di top 1. Sementara itu, bila ingin memperoleh top 4, cobalah memutar puli sekali lagi sebanyak satu putaran.
  5. Perlu diperhatikan, ketika berada di posisi top 1, Anda perlu menyetel katup isap dan buang pada silinder 1, katup isap silinder 2, dan katup buang silinder 3. Begitupun saat di top 4, bagian yang harus disetel adalah katup buang silinder 2, katup isap silinder 3, serta katup isap dan buang silinder 4.
  6. Ingat katup isap selalu ditandai dengan posisi klepnya yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold). Di sisi lain, untuk menentukan katup buang perhatikanlah posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).
  7. Untuk mengendurkan baut penyetel celah katup, Anda bisa memakai kunci ring 12 dan atau obeng minus. Sedangkan untuk mengukur celah katup, Anda bisa memanfaatkan feeler gauge.
  8. Setel klep tersebut dengan posisi yang paling tepat. Hal ini biasanya ditandai dengan putaran obeng yang terasa mulai berat dan feeler gauge terasa seret ketika ditarik. Pada saat posisi demikian, segera saja kencangkan kembali baut pengikat klep. Jangan lupa juga untuk merakit tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.