Cara Memasang Kabel Gas Motor dengan Mudah

12.36.00

Bagaimana cara memasang kabel gas motor? Kini sepeda motor menjadi kendaraan yang paling dapat diandalkan. Bentuknya yang proporsional memungkinkannya dapat melewati berbagai kondisi jalan raya, baik jalan yang sudah diaspal maupun jalan yang masih alami. Tidak hanya dipakai untuk mendukung kegiatan sehari-hari, pada perkembangannya sepeda motor sering diadu kecepatannya.

Sepeda motor standar mempunyai tingkat kecepatan yang normal untuk mendukung keamanan dan kenyamanan pengendaranya. Berbeda dengan sepeda motor khusus untuk balap, kendaraan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu bermanuver dan berakselerasi dengan cepat. Begitu pula dengan kecepatannya menjadi faktor utama yang penting untuk diperhatikan.

Perbedaan antara kecepatan sepeda motor standar dan sepeda motor balap salah satunya dipengaruhi oleh kabel gasnya. Motor standar menggunakan kabel gas bawaan pabrik yang telah dirancang supaya aman. Sedangkan motor balap memakai kabel gas spontan yang mampu memperpendek tarikan gas sehingga mesin lebih cepat melakukan akselerasi pada putaran atas.

cara-memasang-kabel-gas.jpg

Apabila Anda ingin memasang kabel gas sendiri, ikuti tata caranya sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Kabel gas; Anda bisa membelinya di Bengkel Y
  • Kunci ring
  • Obeng plus

Langkah-langkah :

  1. Agar proses pemasangan kabel gas terasa lebih mudah, kami selalu menyarankan untuk mengatur posisi sepeda motor supaya bertumpu pada standar tengah/ganda.
  2. Mulailah pekerjaan ini dengan membuka kabel gas lama. Lalu lepaskan kabel tersebut dari panel gas kanan. Panel ini biasa disebut pula sebagai rumah kabel.
  3. Setelah itu, copot bagian kabel gas lama yang terpasang di pompa bensin dan skep karburator. Langkah berlanjut dengan melepaskan kabel gas ini yang terhubung dengan skep karburator dan grip selongsong gas.
  4. Siapkan kabel gas yang baru. Masukkan kabel tersebut ke dalam rumah kabel, lalu ukur panjangnya. Anda bisa menyesuaikan ukuran kabel gas baru ini dengan panjang kabel gas lama dengan menambahkan selisih antara 1-3 cm. Selisih panjang kabel ini nantinya berguna untuk membentuk simpul di ujung kabel menggunakan benang jahit. Buatlah ikatan simpul yang kuat dan tidak gampang terlepas.
  5. Proses selanjutnya yaitu memasang kabel gas baru tadi dengan menyambungkannya a ke bagian skep karburator dan grip selongsong gas.
  6. Kini saatnya melakukan penyetelan untuk mendapatkan settingan gas yang tepat. Gunakan feeling Anda untuk mencari settingan yang sesuai.
  7. Sebelum digunakan kembali di jalan raya, Anda wajib mengetes hasil pekerjaan Anda terlebih dahulu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.