3 Cara Mencegah Sepeda Motor Berkarat

19.47.00

Bagaimana cara mencegah sepeda motor berkarat? Salah satu musuh utama bagi setiap kendaraan bermotor adalah karat. Bodi sepeda motor bisa berkarat ketika terjadi oksidasi suatu logam bertemu dengan air. Kerugiannya bagian-bagian sepeda motor yang terbuat dari besi ini akan berubah menjadi rapuh, mudah larut, bercampur, dan bersifat racun.

cara-mencegah-sepeda-motor-berkarat.jpg

Oleh sebab itu, agar sepeda motor kesayangan Anda tidak mengalami korosi, disarankan selalu menjaga kebersihannya. Perhatikan juga kondisi bagian kelistrikan motor tersebut dengan cara menghindari genangan air di jalan. Penggantian oli mesin secara berkala juga dinilai merupakan langkah yang efektif untuk merawat kendaraan tersebut. Pastikan sepeda motor Anda selalu dalam keadaan kering dengan mengelapnya memakai kain atau menyemprotkan angin bertekanan tinggi.

Simak cara-cara yang efektif guna mencegah sepeda motor Anda berkarat di bawah ini :

1. Segera Basuh Setelah Terguyur Hujan

Air hujan merupakan pemicu utama sepeda motor mengalami karat. Jika motor terguyur hujan, maka cepat-cepatlah untuk membilasnya dengan air bersih. Tujuannya agar kandungan asam pada air hujan tidak menempel di kendaraan. Pastikan Anda menggunakan air yang bebas karena justru akan memperparah keadaan. Berikan perhatian yang lebih pada bagian-bagian motor yang berlapis krom seperti knalpot, velg, mesin, dan setang.

2. Hanya Gunakan Sampo Khusus Motor

Produk sampo yang ditujukan untuk motor mengandung zat-zat yang aman bagi kendaraan. Jadi selalu gunakan sampo ini untuk membersihkan sepeda motor Anda. Di lain sisi hindarilah pemakaian produk-produk pembersih seperti deterjen, sabun, dan sampo rambut karena bukannya membersihkan justru dapat merusak tampilan kendaraan Anda. Akibat sifat bahan penyusunnya yang panas, warna motor pun menjadi luntur.

3. Berikan Pelumas Pada Bagian yang Mengkilap

Velg, knalpot, mesin, petang, dan bagian kendaraan yang mengkilap lainnya perlu diberikan pelumas secara teratur. Dengan demikian tampilan bagian tersebut pun menjadi lebih terlindungi. Tak perlu jauh-jauh, pelumas ini bisa Anda buat dari campuran oli dan solar. Kuaskan pelumas tersebut minimal setiap seminggu sekali.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.