Langkah-langkah Cara Menggunakan Dongkrak Mobil

00.36.00

Bagaimana langkah-langkah cara menggunakan dongkrak mobil yang benar? Pada dasarnya, dongkrak merupakan alat yang berfungsi untuk mengangkat mobil. Kegunaan ini biasanya dibutuhkan saar kita hendak melepas dan memasang roda, mengganti ban, mengecek bagian kaki, dan sebagainya.

Walaupun kelihatannya sederhana, pemakaian dongkrak tidak semudah yang dikira. Dibutuhkan tindakan yang tepat dan sesuai prosedur yang benar. Sebab jika Anda salah dalam menggunakannya, bukan tidak mungkin dongkrak tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang cukup fatal pada mobil kesayangan Anda.

cara-menggunakan-dongkrak-mobil.jpg

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memakai dongkrak. Di antaranya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis dongkrak yang Anda miliki, posisi pemasangan dongkrak yang benar, serta langkah-langkah urutannya. Dan berikut panduannya dari Pyurio!

  1. Tempatkan mobil di permukaan yang rata. Pastikan mobil tidak bisa bergerak dengan bebas. Caranya posisikan transmisi pada posisi P untuk mobil otomatis atau posisikan transmisi pada gigi 1 untuk mobil manual.
  2. Baca buku manual untuk mengetahui titik tumpu dongkrak yang disarankan. Umumnya titik ini terletak di antara batang garden dekat suspensi atau di bawah bodi rangka utama.
  3. Ingat bahwa dongkrak adalah alat pengangkat mobil, bukan penopang. Jadi apabila Anda harus melakukan pekerjaan di kolong mobil, pasang juga jack stand sebagai alat penahan beban mobil. Sebelum memasang jack stand, Anda bisa mengganjal ujung roda yang tidak ditopang jack stand memakai potongan balok agar tidak mudah menggelinding.
  4. Kini saatnya untuk memasang dongkrak pada mobil Anda. Setelah itu, tekan-tekan tuas dongkrak tersebut sehingga mobil pun otomatis akan terangkat.
  5. Setelah pekerjaan Anda rampung, segera turunkan kembali dongkrak pada posisi yang semula. Sedangkan bila Anda juga menggunakan jack stand, posisi dongkrak harus dinaikkan dulu barulah kemudian ambil jack stand-nya lalu turunkan dongkrak secara perlahan-lahan.

Selamat mencoba!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.