Penyebab Ban Depan Mobil Miring Sebelah

04.41.00

Ban mobil yang miring biasanya diakibatkan oleh kondisi ketebalan ban tersebut yang sudah tidak rata lagi, habis sebelah kanan atau kiri saja. Penyebab utamanya adalah posisi kedua ban yang tidak lurus secara vertikal. Karena miring, permukaan ban yang menempel ke jalan menjadi tidak merata alias ada yang menempel dan ada pula yang mengambang.

Itulah kenapa mobil yang mempunyai ban yang gundulnya tidak rata pasti gerakannya akan terasa miring. Jika dibiarkan begitu saja, masalah ini akan mempercepat usia pakai ban, menimbulkan suara gemuruh, laju mobil terasa berat, dan tentu mengurangi tingkat kenyamanan berkendara. Oleh sebab itulah, Anda harus meluruskan kembali posisi kedua ban tersebut dengan benar sesegera mungkin.

Seringkali timbulnya keausan pada komponen sistem kemudi merupakan biang kerok dari miringnya posisi ban mobil. Di antaranya meliputi steering, rack end, tie rod, ball joint, dan bumper. Cobalah periksa tingkat ketegakan ban terlebih dahulu, bila miring artinya terdapat kerusakan pada ball joint atau sayap roda. Sedangkan jika posisi ban tidak benar-benar lurus, Anda perlu melakukan spooring alias pengukuran kembali. Kadang-kadang permasalahan ini juga dapat ditimbulkan oleh pemasangan ban yang salah, miring, dan tidak presisi.

penyebab-ban-mobil-miring.jpg

Solusi untuk memperbaiki ban depan mobil yang miring sebelah adalah mencari tahu terlebih dahulu komponen sistem kemudi mana yang mengalami kerusakan dan keausan, terutama pada bagian kaki-kakinya. Langkah kerjanya yaitu mulailah dengan mendongkrak mobil sampai ban menggantung dengan posisi di chasis bukan sayap. Setelah itu, goyangkan ban ke segala arah untuk mengecek kemungkinan ban mengalami oblak. Jika ada, periksa komponen mana yang oblak apakah ball joint, tie rod, atau bos sayap. Sebab apabila ada salah satu bagian tersebut saja yang mengalami kerusakan, maka dapat merubah tingkat keselarasan pada roda mobil, baik bagian kanan maupun kiri.

Setelah pengecekan di atas selesai dilakukan, selanjutnya turunkan dongkrak lalu perhatikan posisi berdirinya kedua ban mobil tersebut, apakah lurus atau miring. Jikalau posisi ban terlihat miring, kemungkinan besar sumber masalahnya ialah ball joint yang sudah aus atau oblak. Sementara itu, bila Anda sudah mengganti ball joint namun permasalahannya tidak kunjung selesai, bisa jadi penyebab utamanya ada pada bagian sayap yang rusak. Beberapa jenis mobil, seperti kijang, mengharuskan penyetelan sayap harus digeser sedemikian rupa.

Ketika semua komponen sistem kemudi mobil sudah diperbaiki dan dipastikan tidak ada yang miring lagi, Anda perlu menyelaraskan kembali keseimbangan antara roda kanan dan roda kiri. Pekerjaan ini biasanya dikenal sebagai spooring dan harus dikerjakan oleh tenaga profesional di bengkel khusus spooring. Bila Anda tertarik untuk mempelajari teknik spooring yang baik dan benar, silahkan simak panduannya pada artikel kami yang mendatang ya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.