Ciri-ciri CDI dan Pulser sudah lemah atau rusak

19.58.00

Seiring berjalannya waktu, CDI dan pulser baik pada mobil maupun sepeda motor akan mengalami kerusakan. Sebelum benar-benar mati total, komponen-komponen tersebut akan memberikan beberapa tanda dahulu terkait kondisinya yang sudah lemah. Jika Anda jeli dalam memperhatikannya, Anda bisa mengantisipasi timbulnya kerusakan yang lebih parah. Pencegahan tentu lebih baik dilakukan daripada perbaikan yang terkadang dikerjakan terlambat.

ciri-cdi-pulser-rusak.jpg

Lantas apa sih ciri-ciri dari gejala awal lemahnya komponen CDI dan pulser ini? Catat tanda-tanda dari Pyurio sebagai berikut!

Gejala awal yang terjadi apabila CDI rusak adalah mesin yang terasa brebet ketika gas ditarik dalam putaran tinggi. Namun kadangkala mesin brebet juga disebabkan oleh busi yang akan mati. Jadi untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Caranya yaitu ganti busi dengan yang baru dan rasakan. Jika mesin masih brebet, coba ganti CDI-nya

Sedangkan untuk pulser yang lemah, ciri-cirinya yakni mesin terasa brebet baik di putaran rendah maupun putaran tinggi. Untuk memeriksa penyebab kepastiannya, Anda harus mengganti pulser yang diduga lemah tersebut dengan pulser yang normal. Lalu rasakan sensasinya. Namun karena posisi pulser yang terletak di posisi cukup dalam, mau tidak mau Anda harus membongkar blok magnet terlebih dahulu.

Mengingat harga CDI dan pulser terbilang lumayan mahal, tak ada salahnya Anda mengecek terlebih dahulu penyebab utama dari kerusakan tersebut. Pastikan komponen tersebut memang telah benar-benar lemah, bukan karena kinerjanya terganggu. Setelah itu, baru deh Anda bisa menggantinya dengan CDI atau pulser yang baru. Dengan begini mobil atau sepeda motor Anda pun dapat berfungsi normal kembali.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.