Cara Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

06.25.00

Bingung untuk mengatasi kaca mobil yang berembun saat hujan? Tenang, Anda tidak sendiri kok. Faktanya permasalahan tersebut hampir menimpa seluruh pemilik mobil. Dan penyebab utamanya adalah kondisi interior mobil yang lembab.

Ketika hujan turun, timbul perbedaan suhu udara yang cukup ekstrim antara wilayah di luar mobil dengan area di dalamnya. Saat itulah terjadi penguapan yang mendorong air yang tertempel di pori-pori interior mobil menjadi uap air. Selanjutnya, uap-uap air tersebut mengumpul di kaca dan membentuk embun.

mengatasi-kaca-mobil-berembun.jpg

Sebenarnya, masalah ini gampang sekali ditangani hanya dengan menyalakan AC. Yap, tujuannya adalah untuk menyetarakan temperatur udara di dalam mobil dengan lingkungan luar. Namun bagaimana kalau AC sedang rusak? Berikut kiat-kiat ampuh dari Pyurio untuk menyiasatinya!

1. Lindungi dengan Sampo Rambut

Kebanyakan sampo diformulasikan khusus untuk menjaga kelembaban rambut. Manfaat inilah yang kemudian bisa kita aplikasikan untuk mencegah terbentuknya embun karena kelembaban di sekitar kaca tetap terjaga. Caranya yaitu oleskan cairan sampo ke permukaan bagian dalam kaca memakai kain microfiber secara tipis. Lakukan gerakan searah dan hindari mengulanginya beberapa kali agar kaca tidak buram.

2. Olesi Kaca dengan Tembakau

Siapa sangka ternyata tembakau juga bisa digunakan untuk mencegah terbentuknya embun di kaca pada waktu hujan? Hal ini dikarenakan kandungan nikotin di dalam tembakau dipercaya dapat menyerap uap air di sekitarnya. Berbeda dengan metode sebelumnya, oleskan tembakau pada kaca bagian luar secara merata. Hati-hati jangan mengusapnya dengan tenaga keras sebab tekstur daun tembakau kering yang keras bisa menggores permukaan kaca.

3. Pakai Produk Cairan Anti-Kabut

Bagi Anda yang menginginkan trik yang praktis, cobalah membeli produk cairan anti-kabut (defogger) yang kini sudah banyak dijual di toko otomotif. Penerapannya pun sangatlah mudah. Anda tinggal menyemprotkan cairan ini tepat ke permukaan kaca bagian dalam secara merata. Langkah berikutnya, ratakan cairan tersebut menggunakan tisu dengan gerakan satu arah.

Supaya kaca mobil Anda tidak berembun kembali, lakukan pencegahannya sebagai berikut :

  1. Letakkan mobil Anda di tempat parkir yang terlindung dan terhindari terik matahari langsung.
  2. Bukalah kaca mobil selama beberapa waktu setelah diparkir dan sebelum dinyalakan.
  3. Hindari membersihkan interior mobil menggunakan kain lap yang basah dan ganti memakai vacum cleaner.
  4. Jemur karpet bagian dalam dek secara teratur agar tidak lembab.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.