Cara Memperbesar Pengapian Koil dengan Ground Strap

17.15.00

Tujuan memperbesar pengapian koil dengan ground strap adalah untuk menyempurnakan pengapian sehingga performa mesin pun dapat berjalan dengan optimal. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar oleh kendaraan tersebut menjadi lebih hemat serta tarikan motor juga akan terasa semakin enteng. Lantas, bagaiamana sih panduan untuk langkah-langkah pekerjaan ini?

cara-memperbesar-pengapian-koil.jpg

Ada beragam metode yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sistem pengapian pada kendaraan bermotor. Salah satunya yaitu dengan menerapkan koil berjenis racing. Namun karena harga komponen ini terbilang cukup mahal, tidak ada salahnya Anda mencoba alternatif lain yakni mengaplikasikan teknik ground strap pada koil.

Secara prinsip, teknik ground strap memanfaatkan grounding yang dilakukan pada kabel busi sebagai stabilizer dan booster pengapian. Metode ini mampu membuang kapasitas dan frekuensi liar yang terkandung di kabel busi. Alhasil, proses pengapian pun bakalan berlangsung kian sempurna dengan ditandai nyala api yang berwarna biru dan terpusat.

Berikut ini petunjuknya dari Pyurio!

Alat dan Bahan :

  • Kabel
  • Isolasi
  • Kunci bengkel

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan koil sedemikian rupa dari dudukannya menggunakan kunci bengkel yang sesuai.
  2. Kupas kabel untuk diambil kawat tembaganya saja, sementara plastik konduktor kabel tersebut tidak diperlukan.
  3. Lilitkan kawat tembaga ini di kabel busi dan pastikan ikatannya cukup rapat agar hasilnya maksimal.
  4. Saat melilitkan kawat tembaga tersebut, Anda tidak perlu menutupi sepanjang kabel busi, melainkan cukup 75 persennya saja.
  5. Setelah beres, ujung kawat tembaga yang satu dipasang di baut ground, sementara ujung satunya lagi dibiarkan tertahan di lilitan.
  6. Lindungi lilitan kawat tembaga tersebut dengan membungkusnya memakai isolasi secara menyeluruh.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.