Nih, Cara Mencuci Helm yang Betul!

13.30.00

Bagaimana cara mencuci helm yang betul? Helm adalah topi pelindung kepala yang dibuat dari bahan yang tahan benturan. Helm merupakan pakaian yang wajib dikenakan oleh semua pengendara sepeda motor. Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi tabrakan, maka kepala pengendara tersebut tetap terlindungi dengan baik.

Secara tidak langsung, helm juga menunjang penampilan pengendara motor. Seseorang akan terlihat lebih menawan ketika memakai helm yang kondisinya bersih. Di sisi lain, penggunaan helm yang kotor akan membuat rambut kita terkena berbagai penyakit hingga kutu. Tidak mau kan Anda mengalami permasalahan ini?

cara-mencuci-helm-motor.jpg

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa memperhatikan kebersihan helm sepeda motor dengan mencucinya secara rutin. Yuk, cuci sendiri helm kita dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Helm
  • Sikat halus
  • Spons
  • Sabun colek
  • Sampo
  • Cairan softener
  • Vacuum wet and dry
  • Hairdryer
  • Ember
  • Handuk
  • Kain microfiber

Langkah kerja :

  1. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap semua bagian helm tanpa terkecuali. Pastikan helm tersebut memiliki kondisi yang bagus dan mulus. Jika ada bagian yang rusak atau terputus, silakan perbaiki terlebih dahulu.
  2. Jika Anda menggunakan ember, tub, atau sink sebagai tempat untuk membersihkan helm, kami sarankan untuk menutupinya menggunakan kain yang handuk yang lembut. Dengan memberikan alas, gesekan dan benturan yang mungkin akan terjadi antara helm dengan wadah tadi dapat diminimalisir. Jadi permukaan helm pun tidak bakal tergores.
  3. Beberapa helm ada yang bisa dilepas bagian dalamnya. Namun tidak sedikit pula helm yang mempunyai bagian dalam yang permanen atau tidak dapat dicopot. Apabila bagian dalam helm Anda tidak bisa dilepaskan, Anda bisa langsung mencucinya kok.
  4. Mulailah pencucian dengan membasahi seluruh bagian busa (padding) helm secara merata. Kemudian oleskan sabun colek secukupnya, lalu gosok menggunakan sikat yang halus dengan gerakan searah. Jangan menyikat dengan gerakan bolak-balik sebab dapat merusak busa tadi. Berikan perhatian yang lebih pada bagian sudut-sudut busa, di mana debu dan kotoran sering menumpuk. Bila dirasakan sudah cukup bersih, Anda bisa membilasnya dengan air mengalir.
  5. Setelah itu, basahi juga bagian luar helm secara menyeluruh. Tuangkan sampo secukupnya di atas permukaan bagian luar helm tersebut. Lalu Anda bisa membersihkannya memakai spons. Setelah beres, helm dibilas dengan air bersih lalu digantungkan supaya kering.
  6. Bila Anda ingin proses pengeringan helm berjalan lebih cepat, Anda bisa menyedot sisa-sisa air di dalamnya menggunakan alat berupa vacuum wet and dry. Arahkan alat ini ke seluruh permukaan helm, baik bagian dalam maupun luar, sampai kondisinya tidak terlalu basah. Kalau perlu, Anda bisa mengelap bagian luar helm menggunakan kain microfiber biar cepat mengering.
  7. Agar helm Anda wangi, semprotkanlah cairan softener ke bagian dalam helm secukupnya. Setelah itu, keringkan menggunakan hairdryer sampai helm benar-benar kering. Begitu pula dengan bagian dalam helm harus sampai tidak terasa lembab. Langkah terakhir, Anda bisa mengangin-anginkan helm tersebut sejenak supaya suhunya normal kembali.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.