Cara Menghilangkan Goresan pada Kaca Helm

10.52.00

Bagaimana cara menghilangkan goresan pada kaca helm? Sebagai pengendara sepeda motor, kita wajib menggunakan helm pada saat berkendara. Helm tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan, tetapi dapat melindungi penglihatan kita dari angin yang menerpa wajah. Hal ini tidak terlepas dari adanya visor berupa kaca yang terpasang persis di bagian depan muka helm tersebut.

Kadang-kadang helm terjatuh secara tidak sengaja sehingga mengakibatkan permukaan kacanya tergores. Goresan pada kaca ini juga bisa timbul karena Anda membersihkannya menggunakan kain yang berserat kasar. Tentu saja, kaca yang sudah tidak bening ini dapat mengganggu penglihatan Anda selama memakai helm. Solusinya adalah Anda bisa menggantinya dengan visor yang baru atau menghilangkan goresan tersebut.

menghilangkan-goresan-di-kaca-helm.jpg

Pada dasarnya, mudah kok untuk menghilangkan goresan pada permukaan kaca helm.

Alat dan bahan :

  • Helm
  • Obeng
  • Sabun colek
  • Kain microfiber
  • Ampelas halus
  • White compound

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan visor dari helm sepeda motor Anda. Anda bisa menggunakan obeng untuk membuka sekrup yang menahan visor dengan helm.
  2. Cucilah kaca helm tersebut menggunakan sabun colek. Gosok seluruh permukaannya memakai kain microfiber dengan gerakan searah dan berulang-ulang. Setelah itu, bilas di bawah air yang mengalir.
  3. Sebelum mengampelas bagian visor yang tergores sebaiknya Anda menguji ketahanan kaca terlebih dahulu. Caranya adalah gosokkan ampelas di bagian sudut kaca yang tak tersembunyi. Jika permukaan kaca menjadi lebih halus setelah diampelas tandanya goresan pada visor tersebut bisa diperbaiki dengan metode ini.
  4. Kaca helm yang masih basah ini lantas dihaluskan khusus pada bagian-bagian yang tergores dengan menggunakan ampelas. Disarankan memakai ampelas halus yang berukuran sekitar 1.500-2.200 SW. Lakukan proses pengampelasan dengan gerakan yang searah dan agak diangkat. Proses ini sebaiknya dilakukan di bawah air yang mengalir sehingga Anda bisa langsung membersihkan permukaannya dan melihat hasilnya.
  5. Biasanya permukaan kaca helm yang baru saja diampelas akan terlihat kusam. Untuk menjernihkannya kembali, Anda bisa mengeringkan kaca tersebut terlebih dahulu dengan cara mengangin-anginkan selama beberapa waktu. Berikutnya, bagian-bagian visor yang sudah diampelas bisa dipoles menggunakan white compound. Pemolesan harus memakai kain katun yang halus supaya tidak menimbulkan goresan.

Dengan langkah-langkah di atas, kami jamin permukaan kaca helm Anda akan mengkilap seperti baru!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.