Cara Mudah Memasang Plat Nomor di Windshield

11.03.00

Bagaimana caranya memasang plat nomor di windshield? Ada banyak alasan kenapa seorang pemilik motor lebih memilih memasangkan plat nomor depannya di windshield daripada dudukan yang sudah tersedia. Salah satunya ialah adanya plat nomor depan di dudukan plat nomor tadi dapat mengurangi pesona kendaraan tersebut akibat tidak bisa menyatu dengan baik. Misalnya Ninja RR yang memiliki plat nomor di bagian depannya tampak seolah-olah ditempeli plester.

Namun peraturan lalu lintas di Indonesia mewajibkan seluruh sepeda motor harus dilengkapi dengan dua tanda nomor kendaraan yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan. Namanya juga orang kreatif, kita masih bisa memasang plat nomor depan tanpa mengganggu tampilan kendaraan. Caranya adalah memasang plat tersebut di balik windshield. Prosesnya dijamin gampang sekali kok.

cara-memasang-plat-nomor.jpg

Berikut ini panduan khas Pyurio yang dapat Anda lakukan untuk memasang plat nomor motor pada windshield!

Alat dan Bahan :

  • Double tape (isolasi bolak-balik); kualitas paling bagus
  • Gunting
  • Kain lap kering

Langkah-langkah :

  1. Tekuk plat nomor agar bentuknya berubah menjadi cekung ke dalam, bukan datar. Usahakan sudut kemiringan lekukan tersebut persis seperti pada windshield. Semakin presisi sudut kemiringan lekukannya, maka plat nomor pun akan menempel semakin kuat dan tahan lama.
  2. Bersihkan bagian luar plat nomor (bagian yang ada angkanya) menggunakan kain lap. Pastikan kondisi permukaannya juga sudah benar-benar kering. Jangan lupa bersihkan juga permukaan bagian dalam windshield.
  3. Tempelkan double tape hingga menutupi seluruh permukaan plat nomor. Kalau bisa jangan sampai ada bagian yang tidak tertutupi agar ikatan double tape tersebut lebih kencang. Setelah itu, rapikan sisi-sisi potongan double tape.
  4. Dengan hati-hati, tempelkan plat nomor tadi di permukaan windshield dengan posisi sesuai selera. Berikan tekanan sedikit agar plat nomor ini bisa menempel dengan kencang. Biar hasilnya lebih kuat, Anda bisa menggunakan buku untuk menekan plat nomor tadi selama 12-24 jam.
  5. Usahakan dalam tempo 3-5 hari setelah penempelan plat nomor depan ini, sepeda motor tidak boleh terkena air sama sekali. Dikhawatirkan lapisan lem pada double tape tadi belum terlalu mengeras sempurna sehingga plat nomor bisa terlepas kembali apabila tersiram air.

Selain menggunakan double tape, Anda juga bisa memasang plat nomor pada windshield dengan memasukkan sisi bagian bawahnya di celah-celah windshield tersebut. Pertama-tama, Anda perlu melonggarkan baut kaca spion memakai kunci L. Kemudian masukkan plat nomor tadi ke celah-celah windshield yang sudah longgar. Setelah posisinya sudah pas, kencangkan kembali baut spion dan pastikan plat nomor terjepit kuat oleh windshield.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.