4 Tips Memilih Knalpot Mobil yang Tepat

19.02.00

Apakah Anda membutuhkan tips dalam memilih knalpot mobil yang tepat? Pada sebuah mobil, knalpot memegang peranan yang penting pada sistem pembuangan (exhaust system) kendaraan bermotor. Pemilihan knalpot yang benar terbukti mampu meningkatkan performa kendaraan harian asalkan terjadi sinkronisasi antara sistem pembuangan dan mesin mobil itu sendiri. Kesalahan dalam memilih knalpot dapat menyebabkan mesin menjadi kempos, tenaganya loyo, timbul suara berisik, dan pemakaian bensin semakin boros.

Faktanya, knalpot bawaan pabrik sebenarnya sudah sangat mumpuni terutama dalam menghasilkan kecepatan mobil. Selain itu, knalpot standar ini tentunya juga sudah melalui serangkaian ujicoba yang lengkap sehingga keamanan, kenyamanan, dan keindahannya pun telah diperhitungkan dengan matang. Namun demikian, tidak masalah kok apabila Anda ingin mengganti knalpot tersebut dengan produk costum dengan memperhatikan bentuk dan jenis knalpot yang diinginkan.

memilih-knalpot-mobil.jpg

Lalu bagaimana tips-tips memilih knalpot untuk melengkapi sistem pembuangan mobil yang benar. Perhatikan saran-saran dari kami di bawah ini!

Saran 1 : Ketahui Bahan Knalpot

Kebanyakan knalpot yang dijual di pasar Indonesia terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap air, antikarat, dan kompresinya bersih. Sebaliknya knalpot dari besi biasanya gampang berkarat dan mudah sekali kotor pada bagian ujungnya. Saat ini, ada pula knalpot titanium yang mempunyai karakteristik lebih baik daripada dua material sebelumnya.

Saran 2 : Ukur Diameter Kepala Knalpot

Anda harus memastikan ukuran diameter kepala knalpot sesuai dengan kapasitaas silinder mesin. Hal ini umumnya sudah ditentukan oleh rasio masing-masing jenis dan merek kendaraan. Penggunaan knalpot yang memiliki rasio tepat antara kapasitas mesin dan besar kepala knalpot sanggup menghasilkan tarikan mesin yang sangat memuaskan.

Saran 3 : Sesuaikan dengan Kebutuhan

Knalpot untuk mobil harian tentu berbeda dengan knalpot yang diperuntukkan bagi mobil balap. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi mesin dan piranti-piranti pendukung kedua jenis mobil ini berbeda pula. Anda bisa mendapatkan gambaran tentang spesifikasi knalpot yang mobil Anda butuhkan di dalam buku manual yang melengkapinya.

Saran 4 : Perhatikan Keindahan dan Kenyamanan

Salah satu anggapan keliru yang ada di masyarakat ialah knalpot costum pasti berisik. Sebenarnya tidak begitu semua kok, terutama untuk knalpot yang tergolong tipe bukan knalpot racing. Sedikit trik agar knalpot costum tidak berisik, Anda bisa memadukan antara tabung peredam (muffler bolt on) dan tailpipe dengan kombinasi yang pas sehingga tercipta suara knalpot yang tidak berisik. Mengenai faktor keindahan, mayoritas knalpot costum dirancang dengan desain sporty.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.