Berlatih Cara Memundurkan Mobil Manual

17.50.00

Bagaimana cara memundurkan mobil manual? Salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh para pemilik mobil adalah bagaimana langkah-langkah untuk dapat memundurkan gerakan kendaraan tersebut dengan benar. Kemampuan ini biasanya sangat dibutuhkan pada saat Anda hendak memarkirkan mobil tersebut.

Pada dasarnya, proses yang harus dilakukan untuk dapat menciptakan gerakan memundurkan mobil itu tidak terlalu sulit kok. Anda hanya perlu menginjak kopling dan memindahkan posisi persneling ke gigi mundur, kemudian melepas injakan kopling tersebut secara perlahan-lahan. Maka secara otomatis mobil pun akan bergerak dengan arah mundur sendiri.

cara-memundurkan-mobil.jpg

Untuk lebih jelasnya, simak panduan dari Pyurio berikut ini!

  1. Perhatikan kondisi tempat di belakang mobil. Pastikan kondisinya aman dan tidak terhalangi oleh benda apapun. Sangat dianjurkan berlatih lah di lapangan serta tempat-tempat luas yang tidak ramai lainnya.
  2. Injak kopling dengan tekanan penuh menggunakan kaki sebelah kiri. Setelah itu, tahan posisinya dan jangan sampai tekanannya berubah.
  3. Pindahkan posisi persneling dari gigi netral (N) ke gigi mundur (R). Caranya tuas persneling digerakkan memakai tangan kiri, mulai dari posisi netral lalu didorong ke arah kanan pojok dan tarik ke arah bawah.
  4. Setelah posisi tuas persneling sudah benar, Anda bisa melepas injakan kopling secara perlahan-lahan. Ingat harus perlahan-lahan ya sebab kalau Anda terlalu cepat melepas kopling akan menimbulkan kejutan. Semakin cepat Anda melepas injakan pada kopling, semakin cepat pula gerakan mundur yang tercipta.
  5. Pada saat injakan kopling dilepas itulah, maka secara otomatis mobil pun akan bergerak dengan sendirinya.
  6. Selama proses pembelajaran mengemudi sebaiknya Anda jangan pernah menginjak pedal gas sama sekali. Hal ini dikarenakan pemakaian gas dapat menyebabkan laju mobil saat mundur akan meningkatkan kecepatan gerakannya.
  7. Apabila Anda ingin mengurangi kecepatan mobil saat berjalan mundur, Anda bisa memanfaatkan kopling dan rem. Caranya yaitu injaklah kopling sekali lagi dengan tekanan yang penuh lalu injak pula rem secara perlahan-lahan sehingga gerakan mobil pun akan melambat.
  8. Sedangkan untuk menghentikan laju kendaraan pada saat bergerak mundur, Anda bisa menginjak kembali pedal kopling kemudian pelan-pelan injak pedal rem sampai gerakan mobil pun terhenti.
  9. Jika sudah cukup mahir, Anda bisa berlatih memundurkan mobil sambil membelokkan arah gerakannya. Putaran setir ke arah kanan akan memundurkan mobil ke arah kanan. Begitu pula putaran setir ke arah kiri akan memundurkan mobil ke arah kiri.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.