6 Tips Selamat Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

22.20.00

Memasuki musim penghujan, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan saat mengendarai sepeda motor. Pasalnya ketika hujan turun maka kondisi jalan raya tiba-tiba berubah menjadi tidak stabil. Penglihatan jauh berkurang, jalan aspal semakin licin, dan semua orang berlomba-lomba mencari tempat berteduh.

tips-mengendarai-sepeda-motor-saat-hujan.jpg

Ilustrasi

Ada banyak nasihat yang menyarankan sebaiknya berlindung dahulu menunggu hujan reda. Selain menghindari curahan air hujan, hal tersebut juga dimaksudkan untuk mencegah risiko tersambar petir. Namun dengan alasan untuk menghemat waktu, tidak sedikit para pesepeda motor yang lebih memilih memacu tunggangan besinya di tengah-tengah guyuran hujan.

Catat 5 tips selamat mengendarai sepeda motor saat hujan dari Pyurio di bawah ini!

1. Pastikan Anda Mengenakan Jas Hujan yang Nyaman

Jas hujan tidak hanya melindungi Anda dari air hujan, tetapi juga menciptakan kenyamanan selama berkendara di waktu hujan turun. Sebaiknya pilih jas hujan yang berwarna cerah seperti hijau, kuning, dan jingga sehingga keberadaan Anda mudah dideteksi oleh pengendara lain. Untuk bahannya, jas hujan yang terbuat dari PVC diklaim lebih bagus dan lebih awet ketimbang bahan parasut. Kendati pemakaiannya lebih lama, mantel berbentuk pakaian mampu memberikan perlindungan yang lebih maksimal daripada mantel ponco.

2. Pakailah Helm Model Full-face

Helm model full-face dapat menutupi seluruh kepala Anda sehingga terlindungi dari cipratan air hujan. Jangan lupa tutup juga bagian kaca mukanya. Sedangkan untuk mengurangi embun yang menempel di kaca, Anda bisa mengolesi kaca helm tersebut menggunakan cairan anti-silau yang biasa diaplikasika pada body mobil.

3. Perhatikan Kondisi Ban Sepeda Motor

Seperti kita ketahui, permukaan jalan raya akan semakin licin saat tergenangi oleh air hujan. Akan bertambah berbahaya lagi jika ternyata ban sepeda motor Anda sudah aus. Kapanpun kendaraan roda dua Anda bisa terjatuh akibat terpeleset. Jadi cek kembali kondisi ban untuk memastikan kelayakannya. Turunkan juga tekanan angin ban sekitar 3-5 psi agar permukaan ban yang mencengkeram aspal semakin banyak.

4. Pastikan Lampu Utama Selalu Menyala

Fungsi lampu utama sepeda motor ialah untuk menerangi jalanan di depan dan memberitahukan tentang keberadaan Anda kepada pengendara lainnya. Tanpa lampu, keberadaan Anda sulit diketahui pengendara lain secara cepat terutama saat hujan turun yang notabene jarak pandangnya lebih pendek. Lampu kendaraan yang menyala juga membantu Anda untuk mengemudikan sepeda motor.

5. Jangan Pernah Mengerem dengan Mendadak

Mengerem mendadak saat hari cerah saja sudah berbahaya apalagi jika hujan deras sedang mengguyur. Pengereman laju motor yang benar adalah menekan tuas rem depan dan belakang secara berbarengan dengan teknik tarik-lepas. Dengan begini pemberhentian laju kendaraan pun menjadi lebih stabil.

6. Perkirakan Ketinggian Air yang Akan Dilewati

Jangan asal menerobos banjir. Salah-salah justru sepeda motor Anda bakalan mogok di tengah jalan karena knalpot atau ruang pembakaran mesinnya kemasukan air. Untuk menghindari kejadian buruk tersebut sebaiknya Anda tetap berkendara di tempat yang cukup aman. Ikuti pergerakan kendaraan di depan Anda untuk mengetahui tingkat keamanan dan kondisi trek jalan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.