5 Tips Menghadapi Musim Hujan bagi Sepeda Motor

06.27.00

Bagaimana tips menghadapi musim penghujan bagi para pengendara sepeda motor? Di waktu musim hujan seperti sekarang, kondisi jalan raya menjadi tidak menentu. Begitupun dengan performa sepeda motor Anda bisa saja tiba-tiba loyo. Penyebabnya antara lain komponen yang sudah tidak layak pakai, penggunaan motor yang cukup lama, atau kendaraan malah kemasukan air. Kalau mogok di tengah jalan terpaksa deh Anda harus menderita dua kali lipat.

tips-menghadapi-musim-hujan.jpg

Oleh sebab itu, persiapan menghadapi musim penghujan perlu dilakukan agar kejadian-kejadian yang buruk tidak menimpal kita. Di bawah ini beberapa tips penting yang sebaiknya Anda lakukan guna memeriksa kondisi dan kesiapan sepeda motor kesayangan Anda!

1. Cek Kelayakan Oil Seal dan Dust Seal

Fungsi seal pada sepeda motor adalah melindungi bagian dalam roda supaya tidak kemasukan air dan debu. Apabila kondisi dust seal sudah tidak layak maka daya proteksinya berkurang sehingga berpotensi air bisa masuk bantalan roda atau area bearing. Kalau tidak ditangani segera, siap-siap komponen tersebut akan berkarat dan mengakibatkan putaran bearing tidak normal.

2. Pastikan Ban Masih Bagus

Kondisi ban sepeda motor yang bagus ditandai dari permukaannya yang masih kasar dan tidak aus/gundul. Sebaliknya, permukaan ban yang tipis mengakibatkan traksi terhadap permukaan jalan berkurang. Akibatnya kendaraan motor pun gampang terpelanting dan arah lajunya sulit dikendalikan. Bila Anda harus mengganti ban, perhatikan arah rotasi pemasangannya sesuai dengan spesifikasi ban tersebut.

3. Periksa juga Tutup Busi

Tutup busi atau cap supressor berguna untuk mencegah sepeda motor mengalami mogok terutama ketika melintasi air. Usahakan karet yang ada di tutup busi tersebut belum terlalu keras agar mampu bekerja dengan baik. Namun jika karet ini sudah keras sebaiknya lekas diganti di bengkel resmi sehingga sistem pengapian motor kembali normal.

4. Jangan Lupa Memeriksa Rem

Ketika mengendarai sepeda motor saat hujan Anda akan banyak menggunakan rem depan dan rem belakang untuk mempertahankan laju sepeda motor. Jadi rem bisa dibilang sebagai komponen yang paling vital untuk dicek kondisinya. Karena kampas rem yang aus mengakibatkan pengendalian sepeda motor semakin sulit, Anda mestinya segera mengganti bila permukaan kampas tersebut sudah halus.

5. Semua Lampu Menyala dengan Baik

Pada sepeda motor, lampu berperan sebagai penerang jalan, pemberitahu keberadaan Anda, dan indikator arah pergerakan. Mengingat jarak pandang saat hujan turun akan berkurang drastis seyogyanya Anda membekali kendaraan dengan lampu yang cukup terang sesuai standar pabrikan. Coba nyalakan masing-masing lampu tersebut untuk memastikannya tetap menyala. Jangan lupa selalu nyalan lampu utama sepeda motor agar keselamatan Anda senantiasi terjaga.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.