6 Tips Memilih Helm untuk Anak-anak

07.50.00

Ingin membeli helm anak-anak tetapi belum tahu bagaimana cara memilihnya yang tepat? Aspek keamanan memang merupakan faktor nomor satu yang harus diperhatikan oleh setipa pengguna jalan raya. Tidak terkecuali untuk Anda, orang tua yang sudah mempunyai anak kecil. Pastikan keselamatan si buah hati terjamin dengan memakaikan helm sebagai pelindung kepalanya.

Banyaknya ragam helm anak-anak saat ini di samping menyediakan opsi yang banyak, terkadang juga malah menyebabkan kebingungan. Di satu sisi kita ingin mencari helm yang benar-benar mampu menjamin keamanan si kecil. Namun di sisi lain, anak-anak biasanya lebih tertarik dengan helm yang memiliki bentuk yang unik dan lucu.

tips-memilih-helm-anak.jpg

Pertanyaannya, faktor-faktor apa saja yang wajib diperhatikan dalam memilih helm untuk anak-anak?

1. Pastikan Ukurannya Pas dengan Kepala

Faktor pertama yang perlu diperhatikan ialah ukuran. Helm yang bagus adalah helm yang mempunyai ukuran sesuai dengan struktur dan lingkar kepala si anak. Salah kaprahnya, kebanyakan orang tua justru membelikan helm yang longgar kepada anaknya dengan maksud agar dapat dipakai dalam waktu yang lama. Padahal helm yang ukurannya terlalu besar akan terasa lebih berat dan posisinya gampang berubah saat sepeda motor bergerak.

2. Kain Pelapis yang Halus dan Mudah Menyerap Keringat

Jangan hanya memperhatikan helm dari bagian luarnya saja. Anda juga perlu memeriksa bagian dalam helm untuk mengetahui kain pelapisnya. Mengingat kulit kepala pada anak kecil biasanya mudah mengalami iritasi, maka sebaiknya Anda memilih helm yang dilapisi kain bertekstur halus. Kain pelapis tersebut pun hendaknya mudah menyerap keringat sehingga tidak lembab.

3. Helm Dilapisi Busa yang Empuk

Lapisan busa yang empuk pada helm akan membuat pemakainya menjadi nyaman ketika mengenakannya. Helm juga terasa lebih ringan dan dapat terpasang dengan kuat. Anda tentu tidak mau kan kalau anak-anak menolak menggunakan helm lantaran harus menahan bobotnya yang terlampau berat?

4. Helm Dilengkapi Sabuk yang Kuat

Namanya juga anak-anak, tingkah lakunya sering di luar kendali. Bila tidak diantisipasi sejak awal, helm yang dipakainya bakal mudah sekali terjatuh. Jadi lengkapi lah helm ini dengan sabuk yang kuat biar tetap aman dan tidak goyah. Lebih baik lagi jika helm tadi juga dilengkapi pengunci sabuk yang akan berbunyi klik setiap kali dikencangkan.

5. Kaca Pengaman yang Berkualitas

Keberadaan visor pada helm bukan semata-mata hanya untuk hiasan saja. Kaca pengaman ini berfungsi untuk melindungi pandangan anak-anak supaya terhindar dari gangguan debu, kerikil, atau bahkan serangga sekalipun. Selalu pilih helm yang dilengkapi dengan visor bermutu tinggi, daya dukungnya kuat, tidak silau, tidak menyerap debu, dan mudah dibersihkan.

6. Motif Helm yang Sesuai Kesukaan

Jangan pernah mengabaikan motif saat hendak memilihkan helm untuk anak-anak. Pasalnya faktor ini berpengaruh besar terhadap minat si buah hati untuk mengenakan helm. Anak-anak yang memiliki helm yang dihiasi dengan motif dan karakter favoritnya tentu dengan senang hati akan memakai helm tanpa perlu diminta.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.