Trik Melepas Bearing Motor yang Susah Dicopot

19.03.00

Bagaimana trik melepas bearing sepeda motor yang susah dicopot? Bearing merupakan komponen yang berfungsi untuk memperkecil gesekan yang terjadi pada saat roda berputar. Ada kalanya bearing mengalami kerusakan sehingga dapat mengurangi kenyamanan selama berkendara. Pengecekannya bisa dilakukan dengan menggoyangkan roda ke kanan dan kiri, apabila terasa ada kelonggaran pada porosnya berarti bearing sudah rusak.

trik-melepas-bearing-motor.jpg

Kerusakan yang terjadi pada bearing motor harus ditangani sesegera mungkin. Jika tak lekas diperbaiki, bukan tidak mungkin kerusakan tersebut akan merembet ke bagian yang lainnya. Salah satu solusinya ialah mengganti bearing yang rusak tadi dengan bearing yang baru.

Pada dasarnya, proses penggantian bearing motor sangatlah mudah. Anda cukup memposisikan motor dengan bertumpu pada standar tengah terlebih dahulu. Kemudian lepaskan roda yang akan diperbaiki bagian bearing-nya, apakah roda depan atau roda belakang. Baru deh setelah itu Anda bisa mulai melepaskan bearing yang menempel pada roda tersebut.

Yap, tidak terlalu sulit memang untuk bisa melepaskan bearing motor ini. Namun bila bearing telah rusak atau berkarat maka semuanya akan berubah seratus delapan puluh derajat. Membongkar bearing dengan kondisi demikian kadang-kadang bisa membuat siapapun bakal merasa jengkel karena part-nya mudah sekali terlepas dan berceceran sehingga mengakibatkan bagian lingkaran luarnya susah dicopot. Mau tak mau banyak orang yang memanfaatkan jalan pintas dengan mengelas bearing yang telah rusak tadi.

Tapi ternyata ada lho trik yang ampuh untuk bisa melepaskan bearing yang telah rusak ini. Prinsipnya adalah dengan mengetok bearing tadi sedemikian rupa menggunakan palu dan kunci T. Di bawah ini panduan langkah-langkahnya yang dapat Anda praktikkan sendiri :

Alat dan Bahan :

  • Kunci T
  • Palu
  • Gemuk

Langkah-langkah :

  1. Pecahkan bagian bearing sepeda motor terlebih dahulu. Lalu keluarkan pelor (bola kecil) yang ada di dalam cincin bearing-nya.
  2. Setelah semua pelor berhasil dikeluarkan, selanjutnya masukkan kembali pelor-pelor tadi ke dalam cincin bearing. Perhatikan pemasangan 4-5 pelor tadi harus diatur jaraknya agar sama rata antar kedua sisinya.
  3. Jikalau kondisi bearing sudah cukup berkarat, disarankan untuk melumasi seluruh bagian bearing termasuk pelornya memakai gemuk secara merata. Dengan begini, Anda bisa mengatur posisi pelor dengan mudah sebelum mengetoknya.
  4. Saatnya proses pengetokan dimulai. Caranya yaitu posisikan velg secara terbalik, berikutnya ketok menggunakan kunci T dan palu dari arah yang berlawanan. Tak lama kemudian bearing dan cincinnya akan gampang sekali terlepas.

Selamat mencoba!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.