Cara Meningkatkan Nilai Oktan Premium dengan Kapur Barus

23.38.00

Berbagai jalan bisa dilalui untuk pergi menuju ke Roma. Sama halnya dengan ada beberapa cara yang bisa diperbuat untuk meningkatkan nilai oktan premium. Kenapa ingin dinaikkan? Sebab bahan bakar yang memiliki oktan tinggi dinilai lebih berkualitas daripada yang beroktan rendah. Selain itu, bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi ini juga mampu menghasilkan kompresi yang lebih baik sehingga performa mesin lebih bertenaga dan tarikannya pun semakin enteng.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan bilangan oktan yaitu menambahkan kapur barus ke dalam bensin. Yap, kapur barus atau disebut juga kamper mempunyai kandungan naphtalene. Nah, naphtalene inilah yang merupakan bahan kimia dengan nilai oktan tinggi. Sehingga secara otomatis apabila Anda mencampurkan naphtalene ke dalam premium, maka oktan premium akan terangkat naik.

premium-dengan-kapur-barus.jpg

Lantas, bagaimana sih langkah-langkah yang perlu dilakukan guna memanfaatkan kapur barus sebagai pengerek bilangan oktan pada premium?

Alat dan Bahan :

  • 1 butir kapur barus
  • 10 liter bensin premium
  • Palu
  • Pisau
  • Kertas
  • Ember
  • Tongkat pengaduk

PERINGATAN : Kami tidak bertanggungjawab terhadap segala risiko dan kerusakan yang ditimbulkan oleh metode peningkatan nilai oktan premium dengan kapur barus ini serta terbebas dari semua tuntutan hukum.

Langkah-langkah :

  1. Sebutir kapur barus sebaiknya digunakan untuk 10 liter premium. Jadi 1/2 butir kapur barus untuk 5 liter premium dan 1/4 butir kapur barus untuk 2,5 liter premium. Jangan menggunakan kapur barus dalam jumlah yang berlebihan.
  2. Letakkan kapur barus tersebut di atas selembar kertas. Kemudian haluskan memakai palu sehingga kapur barus yang semula berbentuk butiran menjadi bubuk. Bubuk kamper dianggap lebih cepat tercampur ke dalam bensin dibandingkan yang masih berwujud butiran.
  3. Tuangkan bensin premium ke dalam ember. Tambahkan bubuk kapur barus sesuai takarannya. Setelah itu, aduk sampai keduannya tercampur rata.
  4. Isikan cairan premium yang telah mengandung kapur barus ini ke dalam tangki bensin. Tunggu sekitar 3-5 menit. Kini anda pun siap mencoba sensasi premium oplosan yang terasa seperti pertamax.

Penambahan Kapur Barus pada Premium Sangat Berbahaya

Sebuah fakta terbaru menyebutkan kalau penambahan kapur barus ke dalam premium berbahaya, baik bagi kendaraan bermotor tersebut maupun kesehatan manusia. Bubuk kapur barus yang sudah tercampur dengan premium ternyata tidak sepenuhnya terbakar sehingga menimbulkan endapan di tangki mesin. Dari segi kesehatan, premium yang telah dioplos ini mampu menghasilkan gas buang yang mengandung timbal sehingga dapat merusak sel-sel otak. Jadi berhentilah menggunakan metode ini untuk mendapatkan bahan bakar yang bermutu bagus. Direkomendasikan pakailah pertamax dan pertamax plus yang sudah teruji spesifikasinya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.