Cara Memperbaiki Aki Basah yang Soak dengan Bodrex

17.36.00

Percayakah Anda kalau bodrex ternyata bisa digunakan untuk memperbaiki aki basah yang soak? Hal ini dikarenakan bodrex yang dikenal sebagai obat pereda sakit kepala mampu melepaskan deposit kotoran yang menjadi penyebab utama rusaknya aki kendaraan. Dengan membersihkan area di bagian dalamnya, maka aki pun dapat digunakan kembali seperti sediakala.

memperbaiki-aki-soak.jpg

Aki merupakan komponen kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Terdapat dua macam aki menurut wujud elektrodanya yaitu aki basah dan aki kering. Penggunaan aki basah lebih digemari karena selain harganya lebih murah, aki basah juga lebih sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia.

Sayangnya, di balik kelebihan-kelebihannya tersebut, aki basah rentan mengalami kerusakan. Apalagi kalau sudah soak artinya aki tersebut harus diganti dengan yang baru. Aki basah mengalami soak karena lempengan cell di dalamnya tertutupi oleh deposit sulfat sehingga tidak mampu menghantarkan arus listrik.

Tapi tenang, sekarang Anda juga bisa memperbaiki sendiri aki basah yang telah soak. Bahkan metodenya pun terbilang unik karena memanfaatkan bodrex yang notabene dikenal sebagai obat pereda sakit kepala. Sifat bodrex yang mirip seperti EDTA memungkinkannya dapat meluruhkan deposit sulfat yang menempel di lempengan cell sehingga performa aki bisa pulih kembali seperti semula.

Bagaimanakah caranya?

Alat dan Bahan :

  • Bodrex
  • Cairan pemutih pakaian
  • Deterjen pakaian
  • Air
  • Accu zuur
  • Kuas berbulu kasar
  • Obeng minus

Langkah-langkah :

  1. Buka penutup aki menggunakan obeng. Lalu buang cairan elektroda di dalamnya ke tempat yang aman. Daripada dibuang percuma, Anda bisa memanfaatkan air aki tersebut untuk membersihkan kamar mandi terutama membasmi lumut dan jamur.
  2. Larutkan 3-5 butir bodrex dengan 300 cc air hangat bersuhu sekitar 70 derajat celcius, lalu aduk supaya keduanya tercampur rata. Hindari menggunakan air panas atau air semprotan bertekanan tinggi karena justru bisa memperparah kerusakan aki.
  3. Isilah masing-masing lubang di aki dengan cairan bodrex yang sudah dibuat tadi hingga penuh. Biarkan selama 24 jam sehingga cairan tersebut berkerja maksimal membersihkan interior aki.
  4. Keesokan harinya, buanglah cairan bodrex di dalam aki lalu ganti dengan cairan pemutih pakaian. Diamkan selama 3-5 jam. Setelah itu, keluarkan cairan pemutih pakaian dari aki dan bilas memakai air bersih.
  5. Bersihkan bagian di dalam aki menggunakan deterjen dan kuas. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan endapan deposit sulfat dari dalam aki. Bila perlu, Anda juga bisa menggoyang-goyang dan menggetok aki secara perlahan sambil posisinya dibalikkan agar endapan sulfatnya mudah keluar. Ulangi langkah ini beberapa kali samsi kondisi di dalam aki benar-benar bersih.
  6. Jangan lupa bilas kembali aki tersebut memakai air bersih. Lantas Anda bisa menjemur aki selama 3-5 hari supaya kondisi di dalamnya benar-benar mengering.
  7. Isi kembali aki dengan cairan accu zuur. Charge dengan mode pengisian normal sampai daya listriknya penuh. Berikutnya lakukan pengujian dengan memasang aki yang telah diperbaiki ini ke kendaraan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.