Cara Memasang Kaca Spion Motor yang Terlepas

11.44.00

Bagaimana cara memasang kaca spion motor yang terlepas? Permasalahan ini sebenarnya bisa menimpa siapa saja dan kapan pun, termasuk pada sepeda motor Anda. Sayangnya kebanyakan kaca spion yang sudah copot tidak segera diperbaiki oleh para pemiliknya. Padahal fungsi kaca spion ini memegang peranan yang teramat penting bagi keamanan dan keselamatan Anda selama mengendarai kendaraan bermotor.

Kebanyakan orang biasanya enggan membetulkan kembali posisi kaca spionnya yang kendor karena belum mengetahui trik yang jitu dalam mengatasinya. Alhasil, kaca yang sudah pernah dipasang ini kemudian akan terlepas lagi dan lagi. Begitu seterusnya sampai kita pun dibuat bosan dengannya. Ternyata ada lho teknik pemasangan kaca spion yang benar dan terbukti sanggup memperbaiki spion yang sudah terlepas.

memasang-kaca-spion.jpg

Di bawah ini panduan pemasangan kaca spion ala Pyurio :

Alat dan Bahan :

  • Obeng plus
  • Pemantik api
  • Kaca spion

Langkah-langkah :

  1. Putar baut yang ada di belakang kaca spion ke arah yang berlawanan dengan jarum jam untuk melonggarkan ikatannya. Hati-hati saat mengerjakan hal ini, jangan sampai ikatan mur terlalu longgar sebab akan melepaskannya dari dudukan. Bakalan lebih sulit memasang spion dengan posisi mur yang telah terlepas.
  2. Gunakan api yang sedang untuk membakar lubang bonggol kaca spion sedikit saja. Ingat jangan sampai menimbulkan lelehan ya. Tujuan pembakaran ini hanya untuk membuat struktur lubang tersebut menjadi agak lembek.
  3. Cobalah masukkan besi yang menjadi pegangan kaca spion ke dalam lubang bonggol tadi. Pastikan sekal lagi besi tersebut sudah benar-benar masuk dengan posisi yang tepat. Terakhir kencangkan kembali cengkeraman baut kaca spion tadi. Jangan lupa cek hasil pekerjaan Anda.

Walaupun kelihatannya gampang, metode perbaikan kerusakan sepeda motor ini membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi. Khususnya pada tahap pembakaran lubang bonggol spion memakai api. Karena bersifat permanen, kesalahan sedikit saja akan menyebabkan kerusakan yang fatal. Selalu mintalah bantuan orang lain ketika Anda membutuhkannya.

Selamat mencoba.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.