Cara Memperbaiki Busi Motor yang Mati

22.18.00

Bagaimana cara memperbaiki busi motor yang mati? Salah satu penyebab utama mogoknya kendaraan adalah bagian busi yang bermasalah. Apabila busi mengalamai kerusakan, tentu saja akibatnya proses pembakaran pada mesin tidak dapat terjadi. Anda perlu membetulkan busi tersebut agar kinerjanya bisa normal kembali. Tapi bagaimana langkah-langkah proses perbaikannya ya?

Ternyata perbaikan busi motor yang sudah rusak atau mati ini tidak terlalu susah lho. Bahkan Anda bisa mengerjakannya sendiri di jalan khususnya jika tiba-tiba motor yang tengah dikendarai mogok tidak bisa dinyalakan sama sekali. Ya walaupun harga busi rata-rata terbilang cukup murah, namun tidak ada salahnya kan mencoba memperbaiki busi sepeda motor?

cara-memperbaiki-busi-motor.jpg

Berikut ini panduannya untuk Anda!

Alat dan Bahan :

  • Bensin
  • Botol
  • Sikat
  • Kail lap

Langkah-langkah :

  1. Siapkan bensin secukupnya. Jika Anda sedang berada di lokasi yang tidak ada penjual bensin, cobalah menyedot bensin dari tangki kendaraan memakai pipa kapiler/sedotan.
  2. Masukkan bensin tersebut ke dalam botol. Usahakan botol yang digunakan berbentuk ramping sehingga Anda tidak memerlukan bensin yang terlalu banyak untuk merendam busi.
  3. Lepaskan busi dari blok mesin, lalu tunggu sejenak supaya temperaturnya turun. Baca cara melepas busi untuk membantu Anda melepaskan busi dengan mudah.
  4. Setelah suhu busi menjadi normal, masukkan busi tersebut ke dalam botol yang telah berisi bensin. Rendam busi selama kurang lebih 10-15 menit.
  5. Selama perendaman, Anda boleh menggoyang-goyangkan botol untuk mempercepat proses pembersihan kerak yang melekat di permukaan busi.
  6. Tahap berikutnya ialah mengeluarkan busi dari dalam botol, kemudian menyikat permukaannya secara merata hingga bersih. Setelah itu, busi tersebut bisa Anda rendam kembali di bensin selama 5-10 menit.
  7. Terakhir, angkat busi dari dalam botol. Lantas keringkan seluruh bagian busi ini menggunakan kain lap yang bersih. Jangan lupa usap juga bagian celah-celahnya ya.
  8. Sekarang tinggal pasang kembali busi tersebut ke posisinya semula pada blok mesin kendaraan. Cobalah jajal nyalakan sepeda motor Anda melalui starter engkol.

Semoga bermanfaat!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.