Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

18.51.00

Bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang benar? Agar performanya tetap terjaga, mobil harus senantiasa dibersihkan secara rutin, termasuk bagian mesinnya ya. Mesin mobil yang bersih otomatis akan membuat proses pelepasan panasnya menjadi lebih lancar, mencegah terjadinya aus, dan menjaga kondisi sistem kelistrikan. Secara tidak langsung, mobil yang selalu tampil bersih juga akan meningkatkan gengsi pemiliknya.

Walaupun termasuk bagian yang paling vital dari sebuah mobil, sayangnya proses pembersihan mesin mobil ini seringkali terlewatkan begitu saja karena letaknya yang ada di dalam dan strukturnya yang tampak begitu rumit. Faktanya, kebersihan mesin mobil yang diperhatikan dengan baik akan bermanfaat pada daya tahannya yang lama serta performanya tetap stabil dan tidak bandel. Meski kelihatannya merepotkan, jika Anda mau, Anda pun dapat membersihkan sendiri bagian mesin mobil ini di rumah.

cara-membersihkan-mesin-mobil.jpg

Simak panduan selengkapnya berikut ini!

  1. Matikan Sistem Kelistrikan

Proses pembersihan mesin mobil sebaiknya dilakukan dalam kondisi sistem kelistrikan sedang mati. Biasakan untuk memeriksa semua sistem kelistrikan ini terlebih dahulu sebalum Anda memulai proses pembersihan mesin. Yakinkan seluruh aliran listrik benar-benar dalam keadaan terputus. Setelah itu, amankan bagian elektrikal mesin dan intake udara dengan menutupinya memakai lembaran plastik. Dengan begini, soket kelistrikan mobil pun bakal terhindar dari rembesan air.

  1. Pakai Cairan Khusus

Membersihkan mesin mobil tidak boleh dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih asal-asalan. Wajib hukumnya bagi Anda untuk memakai cairan engine degreaser yang memang dirancang khusus untuk keperluan pembersihan mesin. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan mesin yang terkena noda membandel. Kemudian ratakan cairan pembersih ini memakai sikat atau kuas berukuran kecil. Biarkan selama 10-15 menit supaya cairan ini bekerja menghilangkan noda dan kotoran pada permukaan mesin.

  1. Bilas Menggunakan Spray

Setelah menunggu cukup lama, Anda bisa membilas cairan engine degreaser tadi sampai tuntas. Gunakan lah botol spray yang sudah diisi dengan air bersih sehingga air tidak menyembur terlalu deras atau menciprat ke segala arah. Sembari menyemprotkan air bersih, Anda bisa mengelap permukaan mesin mobil dengan kain microfiber. Untuk noda yang susah dihilangkan, cobalah menyikatnya dengan sikat dan sabun colek. Hati-hati saat mengerjakannya jangan sampai air merembes ke dalam sistem kelistrikan mobil.

Selamat mencoba sendiri!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.