Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Motor

06.50.00

Bagaimana cara mengganti kampas rem cakram motor? Bagi sepeda motor, rem berfungsi untuk memperlambat perputaran roda kendaraan kemudian menghentikan lajunya. Mengingat perannya yang krusial tersebut, rem harus dirawat dengan baik secara berkala.

Salah satu kendala yang sering menimpa rem motor ialah cengkeramannya yang terasa begitu seret menggenggam roda. Hal ini bisa dideteksi dengan memutar roda yang ditandai dari perputarannya menjadi tersendat-sendat. Jika dibiarkan, akibatnya kampas rem gampang habis, piringan melengkung, dan rem cakram juga bakal terkunci.

mengganti-kampas-rem-cakram.jpg

Pada kasus yang ringan, mungkin Anda bisa memperbaiki rem sepeda motor tersebut agar dapat bekerja normal kembali. Namun bila kerusakannya sudah cukup parah, mau tak mau Anda pun harus mengganti rem cakram tersebut dengan yang baru. Simak panduan selengkapnya berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Kampas rem cakram
  • Kunci L bintang
  • Pompa angin

Langkah-langkah :

  1. Gunakan kunci L bintang untuk membuka baut bintang yang menjadi dudukan cakram bawah yang terpasang di tabung shockbreaker. Perhatikan jumlah baut bintang ini ada sebanyak 2 buah.
  2. Buka juga baut yang terletak di atas cakram bagian bawah sepeda motor. Kemudian lepaskan kedudukan cakram tersebut.
  3. Sekarang bukalah pen panjang yang terdapat di cakram. Caranya lepaskan sklip yang berada di pen panjang ini terlebih dahulu. Ingat ada 2 sklip pen yang perlu dilepas.
  4. Kampas rem pun sudah bisa Anda keluarkan dari posisinya untuk diganti dengan yang baru.
  5. Sebelum memasang kampas yang baru disarankan untuk membersihkan piston cakram dari debu dan kotoran. Tekan piston tersebut ke dalam, lalu buka baut penyetel anginnya. Di sini Anda sudah bisa mulai membersihkan piston sampai tuntas.
  6. Kini Anda bisa memasang kampas rem cakram yang baru. Jangan lupa ikat posisinya dengan memasang pen yang terdapat pada sklip.
  7. Letakkan kampas ini ke posisi awalnya dengan kedudukan yang ditahan oleh baut L bintang. Pastikan posisinya sudah masuk ke dalam piringan cakram.
  8. Pasang kembali baut L bintang dan baut delapan yang berada di atas cakram bagian bawah seperti semula.
  9. Jika semua komponen rem cakram telah terpasang seluruhnya, saatnya melakukan ujicoba. Putar roda kendaraan dengan gerakan yang cukup kencang sambil sesekali menekan tuas rem untuk menahan pergerakannya.
  10. Hasil pekerjaan Anda bisa dinilai bagus apabila roda dapat berputar dengan mulus dan rem motor pun sanggup memperlambat perputaran roda tersebut secara efektif dan efisien.

Berani mengerjakannya sendiri? Semoga bermanfaat!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.