Cara Mengatasi Knalpot Bersuara Meledak Seperti Tembakan

20.07.00

Masalah knalpot yang mengeluarkan suara meledak seperti tembakan merupakan permasalahan umum yang kerap menjangkiti sepeda motor. Sebenarnya apa sih penyebab dari masalah tersebut? Bagaimana pula cara mengatasinya yang benar?

cara-mengatasi-knalpot-suara-meledak.jpg

Penyebab utama timbulnya suara yang meledak dari knalpot yaitu gas sisa pembakaran di dalam mesin tidak ikut mengalir keluar melalui lubang buang. Sedangkan suara tersebut berasal dari AIS (Air Injection System). Jika kondisi AIS ini kotor, akibatnya pembakaran tidak bisa berlangsung sempurna sehingga melepaskan gas hidrokarbon. Apabila jumlah gas hidrokarbon yang keluar terlalu banyak, maka AIS secara otomatis akan menembakkan udara yang sangat panas ke gas tersebut sehingga terbakar habis dan tidak membahayakan manusia.

Jadi bisa disimpulkan kalau masalah knalpot yang menembak-nembak tersebut memang sengaja ditanamkan ke dalam sistem motor untuk mengantisipasi kerusakan yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Meskipun begitu, masalah ini tentu harus diperbaiki sedini mungkin agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara dan merusak kendaraan secara perlahan. Solusi paling efektif, Anda bisa membersihkan komponen AIS dan mengujinya kembali. Simak panduan dari Pyurio di bawah ini!

  1. Mulailah dengan membuka bodi sepeda motor sebelah samping kiri terlebih dulu. Biasanya komponen AIS ini terletak berdekatan dengan karburator. Gunakan obeng plus untuk membuka baut yang mengikat AIS tersebut.
  2. Perhatikan bahwa pada AIS terpasang tiga buah selang yang menghubungkan ke mesin, intake, dan filter. Ingat baik-baik posisi selang tersebut kalau perlu difoto untuk mempermudah dalam pemasangannya nanti. Lepaskan keseluruhan dari selang tersebut.
  3. Lepaskan kembali empat baut yang mengikat komponen penyusun AIS dengan memakai obeng plus. Sekarang terlihat reed valve dan stoppernya yang berbentuk semacam lempengan besi. Lepaskan baut pengikat dan lempengan tersebut memakai obeng plus yang berukuran kecil.
  4. Biasanya bakal terlihat tumpukan kotoran pada bagian ini, terutama untuk kendaraan yang sudah berusia lama. Anda bisa membersihkannya menggunakan sikat dan bensin. Pastikan seluruh noda membandel yang menempel pada bagian tersebut hilang semuanya.
  5. Setelah semuanya beres, kini tinggal memasang kembali komponen AIS tersebut seperti semula. Jangan lupa lakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum mengendarainya di jalan raya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.