Cara Ampuh Merawat Knalpot agar Tidak Menguning

16.36.00

Bagaimana caranya merawat knalpot agar tidak menguning? Karena terbuat dari bahan logam, knalpot berisiko mengalami korosi alias karatan. Tanda yang paling mencolok yaitu perubahan warna knalpot yang menjadi kekuning-kuningan. Kalau sudah begini, pesona sepeda motor secara keseluruhan pun akan turun drastis.

cara-merawat-knalpot.jpg

Sebenarnya bisa saja Anda mencegah knalpot sepeda motor dari kejadian berkarat. Kuncinya ialah Anda harus merawatnya sepenuh hati dan dengan kesungguhan. Berikut ini kiat-kiatnya!

1. Bilas Motor Setiap Kali Kehujanan

Penyebab utama knalpot karatan adalah air hujan. Kendaraan yang sering tersiram air hujan berpotensi besar mudah mengalami korosi. Oleh sebab itu, setiap kali motor kehujanan, maka Anda wajib membilas dengan air bersih dan mengelapnya hingga kering. Hal ini bisa mencegah knalpot motor Anda berkarat.

2. Cuci Bersih Selepas dari Pantai

Selain air hujan, air laut juga mampu menyebabkan beberapa bagian sepeda motor Anda menguning. Solusinya tidak lain adalah mencucinya sampai benar-benar tuntas. Pastikan komponen-komponen kendaraan terutama yang terbuat dari besi sudah Anda siram memakai air bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya kemudian.

3. Olesi Knalpot dengan Oli

Jika knalpot sudah terlanjur menguning, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan oli secara berkala. Aplikasikan oli tersebut di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Tunggu selama 5-10 menit agar oli meresap ke pori-pori knalpot. Setelah itu, nyalakan mesin motor sehingga oli menguap. Untuk detail langkah-langkah selengkapnya Anda bisa mempelajarinya di sini.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.