cara mengubah motor v-xion injeksi menjadi karbulator,
Nih tips nya kawan yang mau mengubah motornya yang masih injeksi kita ubah menjadi kabrbulator....emang bisa Gan injeksi di ubah menjadi karbulator ?
proses pembuatan berdasarkan panduan gambar pembuatan tonjolan magnet ( pulser ) yang simpel seperti dibawah ini
2. Untuk pick up coilyang nempel dibak mesin kiri gampang carannya agar sejajar dengan tonjolan baru yaitu lepas 2 baut pengikatnya trus dibalik posisi si pick up coil agar lebih kedalam.
3. merangkai cdi dengan membuat kabel baru, disini saya menggunakan cdi mio 5TL,
diagram diatas menggunakan sistem total lost jadi yang diputus adalah arus cdi,bukan masa seperti motor std pabrikan
4. Koil yang digunakan adalah koil motor cdi,disini ada beberapa koil yang sudah dicoba diantaranya koil kitaco dan koil shogun 110. setelah dikomparasi tenaga terasa ringan dengan koil racing.
5. membuat saluran bensin dari tangki,ndak perlu bingung membuat saluran baru,cukup copot fuel pump trus potong pipa hitam yang ada di fuel pump bensin akan mengalir dengan sendirinya.
6. memilih intake manifold,
untuk intake manifold usahakan jangan yang ribet2 alias pakek orinya vixion aja trus pada lunbang injektornya ditutup dengan lem plastic stell,kalau tidak bisa pakai punya binter mersi, atau juga scorpio.
7. pemilihan karburator sangat penting disini,
untuk ventury karbutaor semakin besar semakin bagus,,karena saya menggunakan pwl26 ninja r tarikan terasa mantap dari awal sampai akhir top speed.
itu adalah langkah2 yang digunakan untuk merubah vixion menjadi sistem karburator,,untuk masalah biaya tergantung merk dan kualitas part yang digunakan,,untuk hal2 yang berhubungan dengan part2 tersebut harga berubah2 sesuai pasaran tapi dana yang dikeluarkan tidak sampai 1,2jt
Makasih aa brow......smoga ber manpaat amin
bisa Gan nih aku kasih tau cara nya, tapi siap kan aja uang nya,,,kira-kira 1 juta -1.5 juta,,,
Tapi hidup itu adalah sebuah pilihan, tp klok motor agan yang tadi nya injeksi menjadi karbu, pastinya akan tampil beda, gak kalah ama motor lainya
perbedaan mendasar tentunnya ada pada sistem pemasokan bahan bakar, dimana vixion standart menggunakan karburator dan yang satunya sudah tersentuh modifikasi menjadi vixion karburator.
part2 vixion injeksi
1. ecu
2 .fuel pump
3. injektor
4. sensor2
5. dll
part2 vixion injeksi
1. ecu
2 .fuel pump
3. injektor
4. sensor2
5. dll
part2 vixion karburator
1. CDI
2. Karburator
3. dll
1. CDI
2. Karburator
3. dll
nah itu cara-cara pembakaran sistem injeksi dengan karbu
1. persiapkan part2 yang dibutuhkan diantaranya :
a. karburator ( option bisa pakai karbu pwl 26, pe28, rx king, dll )
b. Cdi ( penggunaan cdi berhubungan dengan panjang tonjolan dimagnet yang akan dibuat )
c. Soket cdi
d. kabel untuk membuat perkabelan baru,,jadi tidak merusak yang original
e. selang bensin
f. kran bensin ( merk aftermarket )
2. pertama membuat tonjolan pulser baru dimagnet,usahakan tonjolan baru dibuat disisi luar dari tonjolan magnet yang original yang ada 11 tonjolan.
a. karburator ( option bisa pakai karbu pwl 26, pe28, rx king, dll )
b. Cdi ( penggunaan cdi berhubungan dengan panjang tonjolan dimagnet yang akan dibuat )
c. Soket cdi
d. kabel untuk membuat perkabelan baru,,jadi tidak merusak yang original
e. selang bensin
f. kran bensin ( merk aftermarket )
2. pertama membuat tonjolan pulser baru dimagnet,usahakan tonjolan baru dibuat disisi luar dari tonjolan magnet yang original yang ada 11 tonjolan.
Sebenernya, waktu awal-awal beli vixion, gak pernah kepikiran mau ganti ke karburator. Tapi, semenjak vixion ane kena proyek bore up gagal (udah habis banyak, ga dapet apa-apa ). Mending proyek yang pasti-pasti aja, daripada trial n eror macem bore up, dll.
Vixion Karburator, tentu ada positif n negatifnya. Boros itu Pasti !
Tapi sebanding dengan apa yang didapatkan. .walaupun boros tapi larinya jaga pasti beda dengan motor injeksi..
Berikut beberapa part dan rincian harga yang dibutuhkan buat ganti vixion ke karburator:
Magnet mx: 256.000Spul MX: 210.000Kiprok: 118.000Kabel 4 meter (perkiraan): 20.000Selang Bensin: 10 ribuKabel gas Jupiter z: 22.000Modif kabel gas (menyesuaikan dengan jenis karbu): 10.000Aluminium (untuk menutup lubang ais di manifold, modif penutup saluran bensin dari tangki) : 60.000Kran bensin: 30.000Soket kuningan: 15.000Saklar: 8.000Baut: 1.000Total: 1.010.0001. kita bisa tidak mengunakan magnet mx, tp klok agan gak mau merusak yg aslinya, bisa kasih tonjolan magnet, di magnet nya,,,proses pembuatan berdasarkan panduan gambar pembuatan tonjolan magnet ( pulser ) yang simpel seperti dibawah ini
2. Untuk pick up coilyang nempel dibak mesin kiri gampang carannya agar sejajar dengan tonjolan baru yaitu lepas 2 baut pengikatnya trus dibalik posisi si pick up coil agar lebih kedalam.
3. merangkai cdi dengan membuat kabel baru, disini saya menggunakan cdi mio 5TL,
diagram diatas menggunakan sistem total lost jadi yang diputus adalah arus cdi,bukan masa seperti motor std pabrikan
4. Koil yang digunakan adalah koil motor cdi,disini ada beberapa koil yang sudah dicoba diantaranya koil kitaco dan koil shogun 110. setelah dikomparasi tenaga terasa ringan dengan koil racing.
5. membuat saluran bensin dari tangki,ndak perlu bingung membuat saluran baru,cukup copot fuel pump trus potong pipa hitam yang ada di fuel pump bensin akan mengalir dengan sendirinya.
6. memilih intake manifold,
untuk intake manifold usahakan jangan yang ribet2 alias pakek orinya vixion aja trus pada lunbang injektornya ditutup dengan lem plastic stell,kalau tidak bisa pakai punya binter mersi, atau juga scorpio.
7. pemilihan karburator sangat penting disini,
untuk ventury karbutaor semakin besar semakin bagus,,karena saya menggunakan pwl26 ninja r tarikan terasa mantap dari awal sampai akhir top speed.
itu adalah langkah2 yang digunakan untuk merubah vixion menjadi sistem karburator,,untuk masalah biaya tergantung merk dan kualitas part yang digunakan,,untuk hal2 yang berhubungan dengan part2 tersebut harga berubah2 sesuai pasaran tapi dana yang dikeluarkan tidak sampai 1,2jt
Makasih aa brow......smoga ber manpaat amin
3 Komentar
Bro numpang tanya sy ada sedikit masalah dengan motor klx 250 di ubah jadi karbu pada saat pakai cdi racing pasti berat starter (susah bunyi) tp kalo cdi standar jupiter lama normal-normal aja gan.
BalasMohon petunjuknya gan ???
Apa saja yg perlu di beli untuk merubah beat FI jadi karburator?
BalasMohon bantun
Komponen apa saja yg harus saya siapkan untuk merubah motor biat fi ke karburator
BalasPenulisan markup di komentar